Selasa, 18 Februari 2014

Kamis, 20 Februari 2014

1. GIMP

status :
1. OK

memang benar, untuk konsisten menyempatkan waktu untuk belajar itu bukanlah suatu hal yang mudah, diperlukan keinginan yang kuat karena disamping itu kita mempunyai rutinitas lain yang saat ini menjadi tanggung jawab kita. Karena belajar merupakan bagian dari sarana upgrade ilmu yang dilakukan secara bertahap dan berkala. Tidak perlu risau jika pada kenyataannya hanya satu dua materi yang bisa terlaksana untuk dipelajari. Yang belum sempat dipelajari bisa ditaruh di daftar todolist hari selanjutnya. Tetap semangat bro..!!



catatan :
Berikut merupakan link unduh untuk script "Layer Effect" : http://registry.gimp.org/node/186, untuk menginstallnya silahkan copykan ke folder : (biasanya pada drive C)\GIMP-2.0\share\gimp\2.0\scripts\, Untuk merefresh script agar terload pada software GIMP, silahkan buka "Filters > Script-Fu > Reset Scripts". Nanti akan ada tab Script-Fu di sebelah Filter, dan script layer effect sudah siap untuk digunakan.

shortcut GIMP
D = to reset foreground/background color



berikut merupakan hasil dari gambar yang saya gunakan untuk mencontoh tutorial diatas :

memang jauh dari kemiripan sih, karena waktu yang sangat terbatas dimana saya harus bisa membagi waktu dengan sangat baik. (jiah..) Setidaknya hari ini untuk masalah opsi penggunaan software GIMP, saya belajar beberapa teknik baru yang belum saya ketahui sebelumnya.
Categories: